Urutan Indeks Integritas UN Tingkat SMP/MTs se-Indonesia

Categories : BERITA

Berdasarkan informasi yang dikutip melalui web kemdikbud.go.id, Indeks Integritas UN Tingkat SMP/MTs meningkat. Hari ini Kemendikbud mengumumkan Indeks Integritas Ujian  Nasional (IIUN) tingkat Sekolah Menengah Pertama dan sederajat, Jumat (10/6/2016).

UN SMP tahun 2016 diikuti sejumlah 4.372.872 siswa dan 60.067 satuan pendidikan. Sebanyak 72 persen sekolah mengalami peningkatan IIUN, dibandingkan dengan tahun lalu. Sehingga, terdapat kenaikan jumlah sekolah yang memiliki IIUN di atas 80, yaitu sebanyak 23.634 sekolah atau setara 44,03 persen. Tercatat, pada tahun 2015, terdapat sebanyak 12.039 sekolah yang memiliki nilai IIUN di atas 80 atau sebesar 23,44 persen.

Urutan Indeks Integritas UN Tingkat SMP/MTs se-Indonesia
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengungkapkan kenaikan rerata nilai IIUN menunjukkan semakin jujurnya penyelenggaraan UN. “Dengan semakin jujurnya UN, maka diharapkan hasil UN dapat makin tepat memetakan capaian pendidikan sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengoptimalkan pembinaan sekolah secara lebih baik,” ujar Menteri Anies, saat Konferensi Pers Hasil UN SMP, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (10/6/2016).

Berikut urutan Indeks Integritas UN Tingkat SMP/MTs se-Indonesia

Urutan daerah dengan kenaikan IIUN tertinggi adalah sebagai berikut :

  • Sulawesi Barat
  • Sumatera Selatan
  • Sulawesi Utara
  • Aceh
  • Sulawesi Selatan
  • Gorontalo
  • Sumatera Utara.

Sedangkan, daerah dengan nilai IIUN tertinggi tahun ini adalah sebagai berikut :

  • DI Yogyakarta
  • DKI Jakarta
  • Bangka Belitung
  • Jawa Tengah
  • Jawa Barat
  • Bengkulu
  • Kepulauan Riau

Nilai rerata nasional UN 2016 adalah  sebesar 58,57 untuk SMP, 59,06 untuk MTs, dan untuk 48,36 SMP Terbuka.

Dengan meningkatnya nilai IIUN, lanjut Menteri Anies, tingkat kejujuran naik, maka nilai yang keluar adalah lebih akurat mendekati kemampuan siswa yang sebenarnya.

Ke depan, soal UN mendatang akan lebih dititikberatkan pada kemampuan penalaran dan analisa. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan penalaran, dan analisa. “Kemampuan menalar dan menganalisa sangat diperlukan pada masa mendatang mengingat kecenderungan dunia yang lebih kompleks dan kompetitif,” jelas Menteri Anies.

 

sumber

Urutan Indeks Integritas UN Tingkat SMP/MTs se-Indonesia | admin | 4.5