Soal Tes Sumatif PJOK Kelas Atas Sesi 1, 2, 3, 4

Categories : GURU

Bapak/Ibu sekalian, berikut ini kami bagikan Soal Tes Sumatif PJOK Kelas Atas Sesi 1, 2, 3, 4 format word yang dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Cuplikan Soal Tes Sumatif PJOK Kelas Atas Sesi 1, 2, 3, 4

1.    Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ….
1. Logis
2. Sistematis
3. Terintegrasi
4. Berkelanjutan

2.    Berikut yang merupakan bahan untuk refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan adalah ….
1. catatan harian pembelajaran
2. format penilaian yang digunakan
3. model RPP yang dibuat di KKG
4. jurnal penelitian yang tentang diagnosis kesulitan belajar siswa

Soal Tes Sumatif PJOK Kelas Atas Sesi 1, 2, 3, 4

3.    PTK adalah penelitian tindakan ….
1. yang dilakukan oleh guru ditujukan untuk meningkatkan situasi pembelajaran
2. yang dilakukan untuk memperolah gambaran nyata pembelajaran yang dilaksanakan
3. yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
4. yang dilakukan secara kolaboratif oleh partisipan untuk memperbaiki pemahaman dari pelaksanaan pekerjaannya sendiri

4.    Banyak siswa kelas V mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan pecah. Refleksi yang tepat dilakukan guru adalah ….
1. refleksi terhadap strategi metode dan media pembelajaran yang telah dilakukan, apakah sudah tepat bagi siswa
2. refleksi terhadap pembentukan kelompok belajar, apakah perlu ditambah tugas mengerjakan soal-soal operasi hitung bilangan pecah
3. refleksi terhadap kompetensi dasar tentang pecahan, apakah perlu ditambah
4. refleksi terhadap perencanaan pelaksanaan pembelajaran pecahan, apakah perlu didesain ulang

5.    Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …
1. mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
2. membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
3. mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
4. mengembangkan kesadaran guru tentang perspektif, keyakinan, dan nilai-nilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik

6.    Kegiatan refleksi yang dapat dilakukan guru atas kinerjanya antara lain adalah ….
1. merancang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan kontekstual
2. memberi pengarahan kepada siswa untuk belajar lebih baik pada saat pembelajaran berlangsung
3. mencermati kembali kesesuaian praktik pembelajaran yang ia lakukan di kelas dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun
4. mereview kembali tugas-tugas yang diemban guru dalam mencerdaskan siswa-siswanya

7.    Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ….
1. mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
2. mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
3. menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
4. mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas

8.    Berikut ini adalah refleksi terhadap pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru, KECUALI….
1. pekerjaan rumah (PR) peserta didik
2. proses pembelajaran yang telah dilakukan
3. materi yang dianggap sulit oleh peserta didik
4. jalannya diskusi dalam pembelajaran

9.    Salah satu prinsip refleksi pembelajaran adalah komprehensif, artinya bahwa refleksi pembelajaran dilaksanakan untuk seluruh dimensi pembelajaran. Berikut merupakan dimensi pembelajaran yang dimaksud, kecuali … .
1. perencanaan pembelajaran
2. hasil pembelajaran
3. pelaksanaan pembelajaran
4. kualitas pembelajaran

10.    Kriteria dalam menentukan masalah seperti dibawah ini, kecuali ….
1. masalahnya harus penting bagi orang yang mengajukan masalah dan sekaligus signifikan.
2. masalah yang diajukan hendaknya dalam jangkauan penanganan
3. pernyataan harus mengungkapkan beberapa dimensi fundamental
4. pernyataan harus mengungkapkan beberapa tori yang akan digunakan

11.    Ada keluhan dari sebagian besar orang tua bahwa nilai rapor kelas IV mengalami penurunan. Refleksi yang tepat dilakukan guru adalah ….
1. refleksi terhadap strategi dan metode pembelajaran yang dilakukan selama ini, apakah sudah tepat bagi siswa
2. refleksi terhadap media pembelajaran apakah dapat membantu konsentrasi belajar siswa
3. refleksi terhadap pembentukan kelompok belajar, apakah aktif dilakukan
4. refleksi terhadap perencanaan pelaksanaan pembelajaran, apakah perlu didesain ulang

12.    Bentuk tindak lanjut yang dapat dilakukan sebagai hasil refleksi atas kinerja seorang guru antara lain adalah ….
1. melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar siswa
2. membuat catatan harian selama pembelajaran
3. membuat jurnal reflektif
4. merevisi RPP

13.    Beberapa siswa kelas VI masih mendapat nilai rendah untuk mata pelajaran yang di-UN-kan. Refleksi yang tepat dilakukan guru adalah ….
1. refleksi terhadap strategi dan metode pembelajaran untuk persiapan UN yang dilakukan selama ini, apakah sudah tepat bagi siswa
2. refleksi terhadap pembentukan kelompok belajar, apakah sudah difokuskan pada latihan soal UN
3. refleksi terhadap sumber belajar khusus mata pelajaran UN, apakah sudah memadai
4. refleksi terhadap materi dan bahan ajar mata pelajaran UN, apakah terlalu sulit bagi siswa

14.    Seorang guru kelas V ingin melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan. Bahan yang perlu digunakan untuk melakukan refleksi yaitu ….
1. catatan harian yang ia buat selama pembelajaran berlangsung
2. media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran
3. jurnal penelitian yang memuat bahasan tentang diagnosis kesulitan belajar siswa
4. format penilaian yang digunakan untuk mendokumentasikan hasil penilaian

15.    Berikut ini yang bukan merupakan karakteristik PTK adalah ….
1. bersifat situasional
2. dilaksanaan untuk digeneralisasikan
3. dirancang untuk mengatasi masalah nyata di kelas
4. dilakukan dengan pengendalian variabel penelitian secara alamiah

16.    Banyak siswa kelas IV yang asyik bercakap-cakap saat guru menjelaskan pelajaran di depan kelas karena suaranya tidak jelas. Refleksi yang tepat dilakukan guru adalah ….
1. introspeksi, agar suara guru saat menerangkan itu jelas, tegas, dan lugas
2. introspeksi, media pembelajaran terbaca oleh siswa atau tidak
3. mawas diri, apakah bentuk penilaian yang dilakukan transparan atau tidak
4. mawas diri, apakah pengelolaan kelas yang dilakukan guru memuaskan hati siswa atau tidak

17.    Berikut ini yang paling cocok sebagai judul penelitian tindakan kelas adalah ….
1. Diagnosis kesulitan belajar siswa di kelas VI SD Ennanta
2. Efektifitas pemanfaaan Alat Peraga dalam pembelajaran di kelas III SD Ennanta
3. Studi tentang penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBL) dalam pembelajaran di kelas V SD Ennanta
4. Upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Ennanta melalui pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
18.    Seorang guru kelas VI ingin melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan. Bahan yang perlu digunakan untuk melakukan refleksi tersebut adalah ….
1. RPP yang digunakan untuk pembelajaran
2. buku-buku pelajaran yang digunakan siswa untuk belajar
3. media yang digunakan selama pembelajaran
4. kisi-kisi soal yang digunakan untuk menyusun instrumen penilaian

19.    Rata-rata nilai mata pelajaran IPS siswa kelas V masih rendah. Refleksi yang tepat dilakukan guru adalah ….
Pilih salah satu jawaban
1. refleksi terhadap strategi dan metode pembelajaran yang dilakukan selama ini, apakah sudah tepat bagi siswa
2. refleksi terhadap kompetensi dasar apakah terlalu sulit bagi siswa
3. refleksi terhadap materi ajar IPS apakah perlu ditambah
4. refleksi terhadap teknik penilaian, apakah perlu diubah

Selengkapnya silahkan unduh Soal Tes Sumatif PJOK Kelas Atas Sesi 1, 2, 3, 4 melalui tautan berikut :

Download File

Perangkat Pembelajaran terkait :

 

Sekian share Soal Tes Sumatif PJOK Kelas Atas Sesi 1, 2, 3, 4, semoga bermanfaat.

Comments

comments

Soal Tes Sumatif PJOK Kelas Atas Sesi 1, 2, 3, 4 | admin | 4.5