Seharusnya BOP PAUD Rp 1 Juta Per Anak

Categories : BERITA

Seharusnya BOP PAUD Rp 1 Juta Per Anak – Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan PAUD secara keseluruhan. Salah satu masalah pokok dalam hal pembiayaan pendidikan adalah bagaimana melindungi masyarakat (khususnya dari keluarga tidak mampu) dari kendala biaya untuk memperoleh layanan PAUD.

Dalam Realisasinya, Banturan Operasional Paud dapat dipergunakan untuk :
1. Bantuan biaya masuk dan biaya administrasi sebesar 30 %
2. Bantuan biaya Penyelenggaraan Proses Pembelajaran 30%
3. Pembelian bahan habis pakai, buku-buku acuan untuk pendidik, buku bacaan anak, atau ATK 15%
4. Pembelian alat-alat DDTK, pembelian obat-obatan ringan, kotak P3K, transport petugas kesehatan  5%
5. Biaya Transport dan berbagai dukungan kegiatan konkrit Gugus PAUD. 20%

Screenshot_3

Kaitannya dengan dana BOP ini, Peneliti Puslitjak Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) Tedjawati mengungkapkan, bantuan operasional PAUD harusnya Rp 1 juta per siswa per bulan. Itu berarti dalam sebulan jika 20 siswa, Bantuan Operasianal Penyelenggaraan (BOP)-nya menjadi Rp 20 juta.

“Dalam penelitian yang kami lakukan, BOP PAUD yang layak itu 1 juta rupiah per anak. Ini agar anak-anak usia dini bisa mendapatkan pendidikan yang layak,” kata Tedjawati di Jakarta, Rabu (18/11).

Dari penelitian yang dilakukannya bersama tim Puslitjak Balitbang, diperoleh data setiap pendidik di PAUD harus digenjot pendidikan dan pelatihannya. Lantaran rerata pendidikan guru PAUD didominasi SMA.

“Jadi komponen 1 juta rupiah itu dibagi untuk investasi dan operasional. Investasi itu seperti memberikan pendidikan dan pelatihan kepada guru PAUD,” terangnya.

Sampai saat ini pemerintah hanya memberikan BOP untuk PAUD dalam sebulan Rp 1 juta. Menurut Ella Yulaelawati, ‎Direktur Pembinaan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Kemendikbud, BOP Rp 12 juta per tahun yang diberikan kepada lembaga pengelola PAUD memang kurang. Ini karena anggaran pemerintah juga terbatas.

“Tapi kita syukuri saja, meski hanya 12 juta rupiah per tahun, paling tidak ada kepedulian pemerintah. Mudah-mudahan saja BOP ini akan terus bertambah,” tandasnya.

sumber

Comments

comments

Seharusnya BOP PAUD Rp 1 Juta Per Anak | admin | 4.5