Permendikbud Nomor 62 Tahun 2013 Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan Dalam Rangka Penataan dan Pemerataan Guru

Categories : Tunjangan

Permendikbud Nomor 62 Tahun 2013 Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan Dalam Rangka Penataan dan Pemerataan Guru ditetapkan di Jakarta tanggal 23 Mei 2013. Dalam Permendikbud tersebut dijelaskan bahwa Guru dalam jabatan adalah guru yang telah memiliki sertifikat pendidik yang dipindahkan untuk mengajar mata pelajaran lain atau guru kelas yang tidak sesuai dengan sertifikat pendidiknya dan Sertifikasi guru dalam jabatan adalah proses pemberian sertifikat pendidik yang kedua bagi guru dalam jabatan.

Dalam Bab II Pemindahan guru dalam jabatan pasal 2 disebutkan Guru dalam jabatan dapat dipindahkan antarsatuan pendidikan, antarjenjang, dan antarjenis pendidikan, antarkabupaten/kota atau antarprovinsi. Pemindahan guru sebagaimana dimaksud ayat pada (1) pada bidang tugas yang baru didasarkan pada latar belakang sertifikasi atau kualifikasi akademik yang dimilikinya.Guru yang dipindahkan pada bidang tugas yang sesuai dengan latar belakang kualifikasi akademik tetapi tidak sesuai dengan latar belakang sertifikat pendidiknya wajib mengikuti sertifikasi sesuai dengan bidang tugas baru yang diampunya.

Permendikbud Nomor 62 Tahun 2013 Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan Dalam Rangka Penataan dan Pemerataan Guru

Sertifikasi guru dalam jabatan yang sesuai dengan bidang tugas baru yang diampunya dilakukan melalui jalur:
a. program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG);
b. Pendidikan Profesi Guru (PPG); atau
c. Program Sarjana Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan (SKKT) dari
perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Menteri Pendidikan.

Selanjutnya dalam Bab IV Ketentuan Peralihan  pasal 5 ayat 1 dijelaskan bahwa Guru dalam jabatan yang dipindahkan pada bidang tugas yang tidak sesuai dengan sertifikat yang dimiliki tetapi mengampu beban kerja paling sedikit 24 jam tatap muka per minggu berhak mendapatkan tunjangan profesi untuk selama jangka waktu 2 (dua) tahun sejak pindah tugas mengajar pada bidang tugas yang baru.

Selanjutnya dalam ayat 2 disebutkan bahwa Tunjangan profesi akan dihentikan pembayarannya jika guru sebagaimana dimaksud pada ayat (1) belum memiliki sertifikat pendidik sesuai dengan bidang tugasnya setelah 2 (dua) tahun sejak pindah tugas mengajar pada bidang tugas yang baru.

Download Permendikbud Nomor 62 Tahun 2013 Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan Dalam Rangka Penataan dan Pemerataan Guru

Comments

comments

Permendikbud Nomor 62 Tahun 2013 Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan Dalam Rangka Penataan dan Pemerataan Guru | admin | 4.5