Permasalahan Info GTK dan Cara Mengatasinya

Categories : Tunjangan

Permasalahan Info GTK dan Cara Mengatasinya – Info GTK merupakan sebuah website yang digunakan untuk mengecek hasil sinkron dari aplikasi Dapodik. Dari website ini Anda dapat melihat data pribadi yang diinput dalam dapodik seperti Nama, NIP, NUPTK, TMT PNS, gaji, dll. Bagi Anda penerima Tunjangan Profesi maupun tunjangan fungsional, di lembar info GTK ini Anda juga dapat mengecek apakah SK Tunjangan sudah keluar atau belum. Namun demikian, beberapa kasus ternyata dalam info GTK ini terjadi beberapa permasalahan-permasalahan sehingga data yang muncul tidak valid. Apa saja permasalahannya? Berikut ini admin informasikan 13 Permasalahan Info GTK dan Cara Mengatasinya.

—->>> Cek INFO GTK disini

Permasalahan Info GTK dan Cara Mengatasinya :

1. Jika Anda mengecek Info GTK ternyata Status Rekening merah atau tanda silang (x), Anda tidak perlu khawatir karena nantinya rekeninn akan dibuatkan oleh Pusat.
2. Jika Anda Guru TK, tidak diperbolehkan Lintas jenjang, misalnya saja secara tiba-tiba Anda pindah dari TK ke SD. Hal ini tidak diperkenankan, jadi Anda harus konsisten di Jenjang PAUD/TK.

Permasalahan Info GTK dan Cara Mengatasinya

Permasalahan Info GTK dan Cara Mengatasinya

3. Jika dalam info GTK terdapat keterangan “Lulus di Kementerian lainnya”, artinya data sedang diproses. Jadi tidak perlu khawatir.
4. Perlu diperhatikan bagi guru yang belum sertifikasi. Untuk lembar info GTK khusus yang belum sertifikati jangan dilihat di status validasinya ( ceklist/silang merah). Ceklist ini ditujukan bagi guru penerima sertifikasi, disana dengan jelas tertulis “Validasi Tunjangan Prfesi”
5. Dalam jenjang PAUD sering terjadi permasalahan “Pembelajaran tidak diisi”. Untuk itu pastikan Mapping rombel benar dalam pembagiannya
6. Sesuai peraturan dan perundang-undangan, dalam jenjang TK/PAUD tidak ada Team Teaching (Guru Pendamping). 1 Rombel 1 Guru kelas & Kepala Sekolah. bukan 1 Rombel 1 Guru Kelas, Guru Pendamping & Kepala Sekolah.
7. Jika setelah 4 hari data Cek Info GTK belum update atau berubah, segera lakukan sinkron ulang.
8. Gelar tidak boleh dimasukkan atau di entrykan di aplikasi dapodik seperti : Hj, Raden, S.Pd dan lain lain Misal, Yudi Wahyudi, S.Pd, Hj. Yudi Wahyudi, S.Pd. Cukup Nama saja : Misal : Yudi Wahyudi. Jadi segera beritahukan hal ini kepada Operator Sekolah untuk segera membenahi.
9. NUPTK yang di inputkan di dapodik harus NUPTK milik PTK tersebut tidak boleh menggunakan NUPTK milik orang lain Contoh : PTK A meninggal dunia lalu NUPTK nya digunakan oleh PTK B , maka di info GTK akan terditeksi NUPTK di gunakan oleh 2 orang walaupun PTK A sudah meninggal. Untuk cek Keaktifan NUPTK 2016 silahkan klik Cek Keaktifan NUPTK
10. Keaktifan PTK di Penugasan, sesuai dengan bulan berjalan. Misal hari ini masuk bulan Maret, jadi ceklist bulan Maret
11. Jenis PTK jika di entry “Lainnya” tidak akan muncul di pembelajaran. Yang boleh dimasukkan Lainnya hanya Penjaga Sekolah (kebanyakan pada jenjang SD). Jika memang demikian, Operator Sekolah diwajibkan untuk mengecek kembali data yang telah diinput dalam dapodik kemudian melakukan sinkronisasi kembali. di samping itu sebaiknya melakukan konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat yang menangani tunjangan GTK jenjang Dikmen.
12. Data di Cek info GTK akan di Kunci setelah keluar SKTP, data yang dikunci, dapat dibuka kuncinya di info GTK ada buka kunci klik usulan , prosesnya 4 hari, bila kunci tidak bisa di buka maka SIM TUNJANGAN kab/kota pun tidak akan bisa membuka.
13. Semua Jenis Tunjangan diambil dr Dapodik. Jadi selalu Cek Data Info GTKnya, Kalo sudah oke/valid bisa lebih dulu terbit SKTP nya.

Demikian rangkuman Permasalahan Info GTK dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat.

Permasalahan Info GTK dan Cara Mengatasinya | admin | 4.5