Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru.ppt

Categories : GURU

Karya tulis adalah Adalah seluruh bentuk produk atau karya tertulis yang memenuhi ciri ilmiah, baik dari sisi isi, proses maupun tampilan penulisannya. Bentuk karya tulis ilmiah sangat beragam, dari laporan ilmiah yang berbentuk buku atau artikel sampai dengan tulisan di media massa. Berikut ini admin paparkan Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru dengan format power point.

Kriteria Karya Tulis Ilmiah

  1. Isi kajian berupa  pengetahuan ilmiah (science bukan knowledge). Yakni suatu pengetahuan yang diperoleh secara khusus melalui metode ilmiah.
  2. Dihasilkan melalui proses atau prosedur ilmiah (metode ilmiah). Cirinya: (1) terdapat argumentasi teoritik yang benar, sahih, dan relevan; (2) terdapat data empirik; dan (3) kajian dianalisis untuk mempertautkan argumentasi teoritik dengan fakta empirik terhadap permasalahan yang dikaji
  3. Disajikan menurut kaidah penulisan ilmiah (Latarbelakang, permasalahan,tujuan, teori, (hipotesis) analisis, deskripsi, kesimpulan dan saran.

Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru.ppt

Ciri Kegiatan Ilmiah

  1. Argumentasi teoritik yang benar, sahih dan relevan.
  2. Dukungan fakta empirik.
  3. Analisis kajian yang mengkaitkan argumentasi teoritik dengan fakta empirik terhadap permasalahan yang dikaji.

Macam Kegiatan Ilmiah

  1. PENELITIAN (RESEARCH)
  2. PENGEMBANGAN (DEVELOPMENT)
  3. PENILAIAN (EVALUATION)

Langkah Umum Kerja Penelitian

  1. Latar belakang permasalahan
  2. Merumuskan masalah & tujuan Penelitian
  3. Menyusun hipotesis.
  4. Mengumpulkan data empiris untuk menguji hipotesis.
  5. Analisis data, diskusi, kesimpulan dan penulisan laporan.

Menulis Naskah Ilmiah

A. KAPAN MEMULAI?
1. Lakukan sejak dini sebelum penelitian selesai, tulis dalam bentuk buram, catatan-catatn, cuplikan teori yang relevan, data yang ditemu kan.
2. Menulis tidak harus mulai dengan pendahu luan, sulit kalimat pertama mulailah dengan kalimat kedua dan seterusnya.
3. Mulaialah menulis pada bagian yang paling mudah atau paling menarik, biasanya metodologi penelitian merupakan bagian yang paling disuka.

Bagaimana Menuliskannya?

  1. Bila kesulitan menuangkan ide or gagasan, cobalah lihat tulisan orang lain dan coba tuliskan menggunakan bahasa sendiri.
  2. Menulis apa saja yang hendak ditulis dengan menggunakan bahasa sendiri. Lupakan gaya bahasa, editing, dan tata bahasa. Biarkan dalam buram untuk dibaca dan diperbaiki dalam proses selanjutnya.
  3. Jangan ragu memasukkan segala informasi, bahan, tabel, gagasan, argumentasi, cuplikan teori yang relevan. Hal ini pasti sangat berguna.

Unduh panduan karya tulis Ilmiah di sini :

  • [UNDUH] Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah.ppt

 

Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru.ppt | admin | 4.5