Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD, SMP, SMA, SMK Terbaru

Categories : BUKU K-13

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD, SMP, SMA, SMK Terbaru – Panduan ini disusun sebagai acuan praktis bagi para guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang komprehensif dan objektif meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Panduan ini juga sekaligus pedoman praktis untuk mengolah dan membuat laporan hasil penilaian tersebut secara akutabel dan informative. Panduan ini sangat bermanfaat bagi para guru karena menyajikan informasi praktis tentang teknik-teknik penilaian, dilengkapi contoh serta langkah pelaksanaan penilaian, pengolahan nilai hingga cara mengisi rapor. Diharapkan dengan buku panduan ini para guru dapat melaksanakan tugasnya sehari-hari di kelas secara lebih professional sehingga pada akhirnya mutu pendidikan kita dapat lebih terjaga dan terus meningkat.

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD, SMP, SMA, SMK Terbaru

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD, SMP, SMA, SMK Terbaru

Hal-hal yang perlu diperhatikan pendidik agar penilaian lebih bermakna dan implementatif dalam merencanakan, melaksanakan, mengolah, melaporkan hasil penilaian, adalah sebagai berikut.
1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
2. Penilaian menggunakan acuan kriteria, yaitu berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
3. Sistem penilaian direncanakan sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian, sehingga hasil penilaian dapat digunakan untuk:
a. Mengetahui pencapaian Kompetensi Peserta Didik;
b. Bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar; dan
c. Memperbaiki proses pembelajaran.
4. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut, berupa perbaikan proses pembelajaran, program remedial bagi peserta didik yang pencapaian kompetensi di bawah ketuntasan, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi ketuntasan.
5. Sistem penilaian terpadu dimana penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran sehingga harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan observasi lapangan, maka dalam penilaian harus ditekankan pada proses, dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, produk, dan penugasan lainnya.

Selengkapnya download Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD, SMP, SMA, SMK Terbaru di sini :

  • [DOWNLOAD] Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD
  • [DOWNLOAD] Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SMP
  • [DOWNLOAD] Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SMA
  • [DOWNLOAD] Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SMK

Sekian share Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD, SMP, SMA, SMK Terbaru, semoga bermanfaat.

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD, SMP, SMA, SMK Terbaru | admin | 4.5