Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP Terbaru

Categories : ADM SEKOLAH

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP Terbaru – Bimbingan dan konseling di sekolah diselenggarakan untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik/konseli agar mampu mengaktualisasikan potensi dirinya dalam rangka mencapai perkembangan secara optimal. Fasilitasi dimaksudkan sebagai upaya memperlancar proses, karena secara kodrati setiap manusia berpotensi untuk berkembang.

Peserta didik/konseli SMP adalah individu yang sedang berkembang. Untuk mencapai perkembangan optimal, potensi-potensi peserta didik perlu difasilitasi melalui berbagai komponen pendidikan, yang salah satu di antaranya adalah layanan bimbingan dan konseling.

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP Terbaru

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP Terbaru

Program bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama disusun berdasarkan kebutuhan peserta didik/konseli dan kebutuhan sekolah. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, struktur program bimbingan dan konseling terdiri atas rasional, visi dan misi, deskripsi kebutuhan, tujuan, komponen program, bidang layanan, rencana operasional (action plan), pengembangan tema/topik, rencana evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut, dan anggaran biaya. Struktur program bimbingan dan konseling merupakan komponen-komponen yang harus ada namun bukan sebagai sebuah tahapan.

Dalam perencanaan program bimbingan dan konseling, terdapat dua tahapan, yaitu (1) tahap persiapan (preparing) dan (2) tahap perancangan (designing). Tahap persiapan (preparing) terdiri dari (1) melakukan asesmen kebutuhan, (2) aktivitas mendapatkan dukungan unsur lingkungan sekolah, dan (3) menetapkan dasar perencanaan. Tahap perancangan (designing) terdiri atas (1) menyusun program tahunan, dan (2) menyusun program semesteran.

Selengkapnya silahkan download Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP Terbaru di sini :

DOWNLOAD FILE

Demikian informasi terkait Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP Terbaru, semoga bermanfaat.

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP Terbaru | admin | 4.5