Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh Melalui Peran Kepala Sekolah dan Pengawas

Categories : ADM SEKOLAH

Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh Melalui Peran Kepala Sekolah dan Pengawas – Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh: Peran Kepala Sekolah dan pengawas dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang pendekatan pengembangan sekolah secara menyeluruh kepada kepala sekolah dan pengawas. Pengembangan Sekolah secara Menyeluruh (Whole-School Development) adalah suatu pendekatan di mana semua warga sekolah, termasuk guru, kepala sekolah, komite sekolah, masyarakat, dan siswa terlibat dalam pengembangan sekolah. Aspek yang dicakup dalam pelatihan dengan menggunakan modul ini secara umum meliputi pembelajaran dan manajemen sekolah.

Dengan pengetahuan ini kepala sekolah dan pengawas bisa menjalankan perannya dan memfokuskan upayanya dalam memajukan proses pembelajaran di sekolah. Kepala sekolah dan pengawas diharapkan memahami indikator-indikator yang berhubungan dengan pembelajaran, budaya baca dan manajemen sekolah. Kepala sekolah dan pengawas juga diajak untuk mampu melakukan pengamatan di sekolah sehingga bisa dengan cepat mengetahui kemajuan sekolah. Dengan mengetahui praktik yang baik dan kelemahan sekolah, diharapkan kepala sekolah dan pengawas bisa menyusun program untuk membantu sekolah menjadi lebih maju dalam pembelajarannya. Kepala sekolah dan pengawas tidak harus memiliki kemampuan teknis untuk membantu sekolah. Mereka bisa mencari sumber lain untuk membantu sekolah.

Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh Melalui Peran Kepala Sekolah dan Pengawas

Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh Melalui Peran Kepala Sekolah dan Pengawas

Unit 1: Pembelajaran. Unit ini memberi kesempatan kepada peserta pelatihan untuk mengkaji ciri-ciri pembelajaran yang baik. Peserta mampu melihat proses belajar dari sisi siswa, guru dan ruang belajar yang menunjang pembelajaran aktif yang efektif.
Unit 2: Program Budaya Baca. Unit ini memberikan gambaran kepada peserta tentang apa itu budaya baca di sekolah, program seperti apa yang dibutuhkan sekolah untuk mengembangkan budaya baca dan contoh-contoh kegiatannya.
Unit 3: Manajemen Berbasis Sekolah. Manajemen sekolah yang baik adalah manajemen yang berfokus kepada peningkatan mutu pembelajaran. Dalam unit ini peserta diajak untuk mendiskusikan bagaimana pengelola sekolah, yaitu kepala sekolah, guru dan komite sekolah serta orangtua siswa, dengan dukungan dari pengawas sekolah
bisa secara bersama-sama menyusun program kerja yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran, serta melaksanakannya.
Unit 4: Pemantauan Sekolah. Pada unit ini peserta diajak untuk mendiskusikan indikator-indikator pembelajaran, budaya baca dan manajemen berbasis sekolah. Peserta juga diajak untuk memahami bagaimana caranya melakukan pengukuran melalui pengamatan di sekolah. Selanjutnya peserta berpraktik mengamati kondisi sekolah dan menyusun program peningkatan mutu sekolah berdasarkan hasil pengamatan.
Unit 5: Rencana Tindak Lanjut. Peserta diajak untuk memikirkan tindakan nyata yang akan dilakukan setelah mengikuti pelatihan. Diharapkan peserta akan menerapkan apa yang didapat dari pelatihan di tempat kerjanya.

Unduh Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh Melalui Peran Kepala Sekolah dan Pengawas di sini :

  • [Unduh] Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh Melalui Peran Kepala Sekolah dan Pengawas

Sekian share Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh Melalui Peran Kepala Sekolah dan Pengawas, semoga bermanfaat.

Comments

comments

Modul Pengembangan Sekolah Secara Menyeluruh Melalui Peran Kepala Sekolah dan Pengawas | admin | 4.5