Miris !! SMP di Indonesia, Melanjutkan SMA di Malaysia

Categories : BERITA

Miris !! SMP di Indonesia, Melanjutkan SMA di Malaysia – Sekolah di perbatasan memang penuh dengan perjuangan serta perlu dilakukan pembinaan lebih dibandingkan sekolah-sekolah lain yang berada di daerah perkotaan atau mudah dijangkau. Hal ini dirasakan oleh para guru SMP di Empenang dan Puring Kencana, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Perasaan seperti sedih kesal, kecewa namun tetap memiliki rasa cinta kepada negeri Indonesia ini. Bagaimana tidak setelah kerja keras mereka mendidik siswa SMP, tak bisa membuahkan hasil bagi Indonesia, karena mereka memilih melanjutkan pendidikan di negeri jiran, Malaysia.

Guru SMPN 32 Empanang, Marselianus Leokarnaen mengatakan ketika lulus SMP, murid-muridnya lebih memilih sekolah ke Malaysia daripada ke Badau atau Ibukota Kabupaten Kapuas Hulu, Putussibau.

Miris !! SMP di Indonesia, Melanjutkan SMA di Malaysia

Pria yang genap empat tahun mengabdi di sekolah perbatasan itu mengakui, pendidikan di Malaysia lebih terjamin, meski di perbatasan. “Bagaimana menanamkan cinta tanah air, cinta Indonesia, bela negara, dan turut menjaga perbatasan, kalau fasilitas dasar berupa pendidikan saja tak bisa dipenuhi pemerintah, katanya.

Bukan hanya melanjutkan pendidikan dari SMP ke SMA, saat ada Siswa WNI yang dari kecil menempuh pendidikan di negeri Jiran, mereka enggan kembali ke Indonesia. Itu karena untuk melanjutkan SMA, cukup sulit di dua kecamatan itu karena sampai hari ini, tak ada SMA di kecamatan itu.

“Banyak alasan yang cukup menyedihkan, dan membuat kami sedih, kecewa. Kami butuh SMA di sini, perjuangan kami tak membuahkan hasil dan selalu dimentahkan,” tandasnya.

sumber

Comments

comments

Miris !! SMP di Indonesia, Melanjutkan SMA di Malaysia | admin | 4.5