KKM Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru 2015

Categories : KURIKULUM 2013

KKM Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru 2015 – KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.

Baca juga : Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013

Pada revisi ini, cara hitung KKM berbeda dengan tahun sebelumnya.  Revisi tersebut dapat Bapak/Ibu download di bawah postingan.

Ada beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan, yaitu :
1. Kompetensi Inti
2. Kompetensi Dasar
3. Indikator Pencapaian Kompetensi
4. Kriteria Penentuan KKM
a. Kompleksitas
b. Daya Dukung
c. Intake Siswa
5. Hasil KKM Dalam Aspek
a. Sikap
b. Keterampilan
c. Pengetahuan

KKM Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru 2015
KKM Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru 2015

Selain itu KKM juga memiliki beberapa tujuan, yaitu
1. Sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan Kompetensi       Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK)
2. Sebagai acuan bagi peserta didik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran
3. Sebagai target pencapaian penguasaan materi sesuai dengan SK/KD – nya
4. Sebagai salah satu instrumen dalam melakukan evaluasi pembelajaran
5. Sebagai “kontrak” pedagogik antara pendidik, peserta didik dan masyarakat (khususnya orang tua dan wali murid)

 

Langkah-langkah Menentukan KKM :
Menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga sekolah/madrasah, sarana dan prasarana dalam menyelenggarakan. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria Ketuntasan Belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.

 

Aspek Kompleksitas (kesulitan dan kerumitan).
Ditentukan bila dalam pelaksanaan pencapaiaan kompetensi menurut:
a. Pemahaman SDM :
1) Memahami kompetensi yang harus dicapai siswa.
2) Memiliki pengetahuan dan kemampuan sesuai bidang studi.

b. Daya kreativitas dan inovasi dalam melaksanakan pembelajaran.
c. Waktu yang diperlukan untuk pencapaian kompetensi (menggunakan metode yang berpariasi)
d. Daya nalar dan kecermatan siswa yang tinggi.
e. Latihan khusus dengan bantuan orang lain.
f. Semakin kompleks atau sukar Kompetisi Dasar(KD) maka nilainya semakin rendah, tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi

Perbandingan antara sarana dan prasarana ideal yang dibutuhkan dengan sarana dan prasarana yang ada. Semakin tinggi daya pendukung maka nilainya semakin tinggi. Aspek Intake siswa (Tingkat kemampuan rata-rata siswa) yaitu; Keberagaman latar belakang, potensi dan kemampuan siwa secara individual)

Cara menetapkan KKM Standar Kompetensi(SK): Kriteria Ketuntasan Minimal Standar Kompetensi adalah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan masing-masing SK. Berdasarkan perhitungan rata-rata KKM Kompetensi Dasar pada kelas dan semester yang bersangkutan.

Selengkapnya download KKM Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru 2015 melalui link berikut :

  1. Download KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Terbaru 2015
  2. Download KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 2 Revisi Terbaru 2015
  3. Download KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 3 Revisi Terbaru 2015
  4. KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 4 Revisi Terbaru 2015
  5. KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 5 Revisi Terbaru 2015
  6. Download KKM Kurikulum 2013 SD Kelas 6 Revisi Terbaru 2015

Demikian share seputar KKM Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru 2015, semoga bermanfaat.

Baca juga : Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 4 & 5

 

Comments

comments

KKM Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru 2015 | admin | 4.5