Kemendikbud Angkat Bicara Soal Larangan Hadiri HUT PGRI

Categories : BERITA

Kemendikbud Angkat Bicara Soal Larangan Hadiri HUT PGRI – Dengan beredarnya surat edaran tentang larangan Perayaan Hari Guru RI yang akan digelar 13 Desember mendatang memicu isu politik di berbagai pihak.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) angkat bicara terkait surat edaran Menpan-RB dan juga peringatan HUT PGRI. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menuturkan pihaknya menghormati kebebasan berkumpul dan berserikat setiap warga negara dan organisasi manapun termasuk PGRI.

“Tidak diperkenankan siapapun, baik Dinas Pendidikan maupun organisasi guru apapun, untuk melakukan pemotongan gaji guru dengan alasan untuk peringatan Hari Guru Nasional 2015,” ujarnya di Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Setelah Kurikulum 2013, Muncul Lagi Kurikulum Baru

Kemendikbud Angkat Bicara Soal Larangan Hadiri HUT PGRI

Namun dia membenarkan, pemerintah memang telah selesai menyelenggarakan rangkaian peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2015 pada November lalu. Puncak acara digelar pada 24 November 2015 di Istora Senayan, Jakarta dengan dihadiri Presiden Joko Widodo. Adapun upacara peringatan HGN 2015 digelar serentak di semua daerah di Indonesia pada 25 Desember 2015.

Anies mengingatkan agar organisasi publik manapun untuk menjaga diri agar tidak mengorganisir dan memanfaatkan guru-guru untuk tujuan berbagai kepentingan politik.

“Tidak diperkenankan organisasi apapun melakukan intimidasi, pemaksaaan serta mobilisasi guru-guru yang dapat mengganggu tugas-tugas utama guru. Ini bukan lagi era orba, dimana ormas berkumpul dng dimobilisasi oleh aparatur negara. zaman sudah berubah, pemerintah dan aparatur pemerintah tidak boleh dipakai untuk kepentingan-kepentingan ormas,” tuturnya.

Sebelumnya diketahui, Menpan RB Yuddy Chrisnandi menghimbau guru seluruh Indonesia untuk tidak mengikuti hari perayaan guru yang diselenggarakan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 13 Desember 2015. Himbauan tersebut disampaikan Yuddy dalam Surat Edaran yang dikeluarkan per tanggal 7 Desember 2015 dengan nomor surat B/3903/M.PANRB/12/2015 tentang perayaan hari guru 2015.

Surat tersebut ditujukan pada seluruh pemerintah daerah mulai dari gubernur, bupati/walikota, kepala dinas pendidikann provinsi maupun kabupaten/kota.

Semoga berbagai permasalahan ini tidak memecah belah Persatuan Guru Repbulik Indonesia. (admin forum guru)

sumber

Comments

comments

Kemendikbud Angkat Bicara Soal Larangan Hadiri HUT PGRI | admin | 4.5