Inilah Pesan Menteri Yuddy Kepada PNS

Categories : BERITA

Pegawai Negeri Sipilil (PNS) adalah pegawai yang diangkat oleh pejabat berwenang dan telah memenuhi syarat tertentu untuk kemudian diberikan tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diberikan tugas negara lainnya, dan digaji sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) dibagi menjadi 2, yakni Pegawai Negeri Sipil Pusat dan Daerah. Jika dibedakan dari segi gaji, Pegawai Negeri Sipil Pusat gajinya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan bekerja pada Departemen, Lembaga Non Departemen, Kesekretariatan Lembaga tertinggi/Tinggi Negara, dan kepaniteraan pengadilan. Sedangkan Pegawai Negeri Sipil Daerah gajinya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan dipekerjakan pada pemerintah daerah maupun dipekerjakan di luar instansi induknya.

Inilah Pesan Menteri Yuddy Kepada PNS

doc. JPNN

PNS yang merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki andil besar dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Kaitannya dengan program Nawacita, ASN memiliki peran yang aman penting karena berfungsi sebagai motor penggerak pemerintahan dan pembangunan. Salah satu program Nawacita adalah melakukan revolusi karakter bangsa.

“Mengingat signifikansi dari  revolusi mental ASN terutama PNS, setiap pegawai negeri harus memiliki sikap mengubah diri agar tidak menjadi korban dari perubahan itu sendiri,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, Sabtu (12/3).

Yuddy menambahkan, dengan revolusi mental, ASN diharapkan bisa melakukan perubahan dalam pelayanan dan berpikir cepat.

UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN  dibangun guna membentuk aparatur yang memiliki integritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

ASN juga diharapkan mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat. Selain itu, ASN juga didorong mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“UU ASN harus didorong dan diungkit dengan revolusi mental yang dilakukan secara sinergis dan berkelanjutan,” tegas Yuddy.

sumber

Comments

comments

Inilah Pesan Menteri Yuddy Kepada PNS | admin | 4.5