Download Model Kurikulum Pendidikan Layanan Khusus SMP/MTs Format Word

Categories : KURIKULUM

Download Model Kurikulum Pendidikan Layanan Khusus SMP/MTs Format Word – Sesuai dengan amandemen UUD 1945 dan Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pemerintah terus mengupayakan peningkatan biaya pendidikan dapat mencapai 20% dari APBN/APBD secara bertahap.  Namun, sampai saat ini belum tercapai sehingga pelayanan pendidikan bagi warga negara belum seluruhnya tersentuh secara merata. Menurut Data Susenas 2006  jumlah penduduk miskin Indonesia sebanyak 39,05 juta atau 17,75% dari 220 juta jumlah penduduk Indonesia yang tidak dapat mengenyam pendidikan  secara utuh.

Salah satu tugas Pusat Kurikulum adalah mengembangkan dan mengujicobakan model kurikulum yaitu model kurikulum pendidikan layanan khusus bagi peserta didik yang memiliki keterbatasan akses untuk memperoleh layanan pendidikan karena kondisi  sosial ekonominya rendah. Model ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan proses pendidikan  bagi satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah yang memiliki peserta didik dengan sosial ekonomi rendah.

Download Model Kurikulum Pendidikan Layanan Khusus SMP/MTs Format Word

Download Model Kurikulum Pendidikan Layanan Khusus SMP/MTs Format Word

Ruang lingkup kegiatan terdiri dari penyusunan desain, kajian konsep, kajian kebutuhan lapangan, penyusunan kerangka model, penyusunan model, uji coba model, analisis hasil ujicoba, perbaikan model, presentasi model, penyempurnaan model, dan finalisasi model.  Dalam pengembangan model melibatkan Staf Pusat Kurikulum, Narasumber/Ahli, Dinas Pendidikan Kab. Tangerang, Kota Kupang, Kab. Boyolali, Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, Tokoh Masyarakat, Orang Tua, Peserta Didik, dan Direktorat/Instansi Terkait.

Untuk mencapai hasil yang diharapkan digunakan berbagai strategi antara lain: mengkaji berbagai informasi tentang sosial ekonomi rendah dan menetapkan kriteria-kriteria yang digunakan untuk mengklasifikasikan perserta didik dalam kelompok ini; melakukan workshop; melakukan kajian kebutuhan lapangan di satu daerah/SMP/MTs; menyusun dan menetapkan kriteria Pedoman Penulisan Model Kurikulum; membentuk tim kerja; dan melakukan seluruh rangkaian kegiatan sesuai perencanaan yang telah disusun.

Kendala umum yang dihadapi sekolah dalam menerapkan Model Kurikulum Layanan Khusus ini adalah kurangnya kompetensi tenaga pengajar (guru), sehingga perlu mendapat pelatihan terlebih dahulu, kurangnya sarana dan prasarana yang ada, serta keterbatasan dana.  Motivasi peserta didik dengan sosial ekonomi rendah untuk bersekolah juga rendah, mereka lebih mementingkan melakukan sesuatu yang dapat meningkatkan ekonomi keluarga selain dukungan dari keluarga terutama orang tua terhadap pendidikan juga sangat rendah.

Model ini dikembangkan berdasarkan hasil kajian lapangan dan belum ada sekolah yang menerapkan model ini.  Agar model ini dapat diterapkan di SMP/MTs yang memiliki peserta didik dengan sosial ekonomi rendah diperlukan campur tangan pemerintah untuk meningkatkan pelatihan guru-guru keterampilan, memberikan diklat bagi kepala sekolah tentang pengembangan kurikulum yang berbasis layanan khusus bagi siswa dengan sosial ekonomi rendah, memberikan bantuan sarana dan prasarana yang mendukung mata pelajaran Muatan Lokal dan Pengembangan Diri bagi peserta didik dengan sosial ekonomi rendah, dan membuat sekolah rintisan yang dievaluasi untuk kurun waktu tertentu (lima tahun).  Sekolah dapat juga mengadopsi atau mengadaptasi model ini disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan lingkungan sekitar sekolah secara mandiri.

Selengkapnya silahkan Download Model Kurikulum Pendidikan Layanan Khusus SMP/MTs Format Word :

  • [DOWNLOAD] Model Kurikulum Pendidikan Layanan Khusus SMP/MTs Sosial Ekonomi Rendah
  • [DOWNLOAD] Model Kurikulum Pendidikan Layanan Khusus SMP/MTs KTSP

Sekian share Model Kurikulum Pendidikan Layanan Khusus SMP/MTs Format Word, semoga bermanfaat.

Download Model Kurikulum Pendidikan Layanan Khusus SMP/MTs Format Word | admin | 4.5