Download e-Book PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK

Categories : JUKNIS

Ada banyak inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mendorong terciptanya pembelajaran berkualitas yang berangkat dari pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa, diantaranya adalah PAKEMATIK. PAKEMATIK merupakan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIK).

Secara umum Pakematik merupakan pengembangan strategi pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) yang lebih dulu dikenal di dunia pendidikan di Indonesia. Perbedaannya hanyalah pada pemanfaatan atau integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran untuk mendukung proses “Pembelajaran Aktif” (Active Learning)” dengan tujuan utama meningkatkan kualitas pembelajaran. Jadi, kunci utamanya adalah pada pembelajaran aktfinya bukan pada pengetahuan teknis mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) karena perangkat TIK hanya akan menjadi media pendukung pembelajaran.

Download e-Book Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK

Setidaknya ada 3 alasan utama mengapa pembelajaran yang dilakukan di sekolah harus mengatifkan siswa, kreatif, menyenangkan dan tentu harus efektif, yakni
1. Hakekat Belajar
2. Lulusan yang diharapkan/ideal
3. Tuntutan Kurikulum

Implementasi PAKEM secara singkat digambarkan dalam buku pelatihan awal program MBS kerja sama Pemerintah Indonesia dengan UNESCO dan UNICEF, yaitu :
1. Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat (learning to do)
2. Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sevagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi siswa.
3. Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan bahan ajar yang lebih menarik dan menyediakan “pojok baca”
4. Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk belajar kelompok
5. Guru mendorong siswa untuk menemukan cara sendiri dalam pemecahan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya.

Download e-Book Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK

Comments

comments

Download e-Book PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK | admin | 4.5