Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK

Categories : ADM SEKOLAH

Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK – Pedoman Pengembangan bakat dan minat peserta didik SMK dirancang untuk memberikan informasi tentang jenis bakat dan minat yang relevan dengan keterampilan dan karir siswa SMK. Melalui pedoman ini memungkinkan siswa untuk mengetahui kekuatan & Kelemahan Individu serta menemukan cara untuk menggunakan kekuatan tersebut secara optimal melalui pendampingan oleh guru.

Keterampilan peserta didik SMK perlu dikembangkan untuk dapat bersaing di dunia kerja dengan mengoptimalkan bakat dan minat yang ada dalam diri individu. Salah satu hasil yang di dapat dari pedoman ini adalah adanya tes bakat dan minat yang dapat memetakan peserta didik dalam pemilihan bakat dan minatnya yang sesuai dengan keterampilan peserta didik yang dimiliki.

Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK

Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan menengah berbasis kejuruan yang berperan menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, kompeten dan mandiri. Pendidikan SMK bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menyiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja. Pendidikan SMK juga memiliki tujuan untuk mengembangkan peserta didik agar mempunyai kemampuan dan kompetensi profesional.

Tes bakat dan minat perlu dilakukan untuk dapat mengetahui suatu keterampilan dari peserta didik. Selain itu perlu juga dilakukan pendampingan dan pengembangan kemampuan sesuai bakat peserta didik yang ada pada diri individu. Keterampilan peserta didik SMK perlu dikembangkan untuk dapat bersaing setelah peserta didik tersebut lulus sekolah untuk kemudian dapat bersaing di dunia kerja, serta bisa mengoptimalkan bakat yang ada dalam diri individu. Tes bakat dan minat ini dapat memetakan peserta didik dalam pemilihan bakat dan minat yang sesuai dengan kompetensi dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik. Berdasarkan hasil tes bakat dan minat yang dilakukan, guru dapat mengelompokkan peserta didik sesuai dengan bakat dan minat peserta didik. Guru juga dapat lebih mudah untuk bisa mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh peserta didik.

Tes ini dirancang untuk memberikan informasi mengenai jenis bakat dan minat yang relevan dengan keterampilan dan karir peserta didik di sekolah. Tes ini akan memungkinkan Individu untuk mengungkap potensi sebenarnya untuk kemudian peserta didik dapat meningkatkan kelebihan dan mengatasi kelemahan yang ada pada diri peserta didik yang bersangkutan, sehingga Individu dapat:
1)Mengetahui dan memahami apa yang menjadi kelebihan/kekuatan Individu dan menemukan cara yang tepat untuk mengembangkan kekuatan tersebut secara optimal.
2)Mengetahui dan memahami apa yang menjadi kekurangan/kelemahan Individu agar dapat mengatasi dan mengkompensasi kelemahan tersebut.

Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK di sini :

DOWNLOAD FILE

Sekian share Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK, semoga bermanfaat.

Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK | admin | 4.5