Ditjen Dikdasmen Selenggarakan Semiloka Literasi Sekolah

Categories : BERITA

Ditjen Dikdasmen Selenggarakan Semiloka Literasi Sekolah – Membaca-menulis (literasi) merupakan salah satu aktifitas penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilan baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

 BERITA DAPODIK SOAL-SOAL UKG TPG KURIKULUM RPP SILABUS EMIS MADRASAH Home » BERITA » Ditjen Dikdasmen Selenggarakan Semiloka Literasi Sekolah Ditjen Dikdasmen Selenggarakan Semiloka Literasi Sekolah

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen), menggelar Semiloka Literasi Sekolah di Hotel Swiss Belinn, Kota Surabaya mulai tanggal 24 s.d. 26 November 2015. Semiloka atau sarasehan di bidang literasi (melek baca, red) ini merupakan kegiatan yang diperuntukkan membangun sinergi antarpemangku kepentingan di bidang literasi. Demikian isi sambutan Sekretaris Ditjen Dikdasmen, Thamrin Kasman, yang dibacakan Yusuf dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (Direktorat Pembinaan PKLK). Saat itu, Sekretaris Ditjen Dikdasmen berhalangan hadir.

Ditjen Dikdasmen Selenggarakan Semiloka Literasi Sekolah

Dalam sambutan itu, disampaikan bahwa pembangunan sinergi di bidang literasi dimulai dengan menghimpun masukan dan pengalaman sejumlah pemangku kepentingan terkait kegiatan literasi. Mereka berasal dari unsur pimpinan daerah, akademisi, institusi perbukuan, satuan pendidikan, dan praktisi. Masukan tersebut akan mejadi bahan penyempurnaan Panduan Umum dan Panduan Teknis Literasi Sekolah, yang sedang disusun oleh tim literasi dari Ditjen Dikdasmen.
IMG_0538

Yusuf, dari Direktorat Pembinaan PKLK

“Acara dimulai dengan kunjungan ke satuan pendidikan di sekitar Surabaya. Di sini tim literasi dari masing-masing direktorat menggali informasi lebih dalam mengenai beberapa hal seputar literasi yang telah dipraktekkan di sekolah. Setelah mendapatkan sejumlah masukan, tim berkumpul dan melakukan diskusi. Hasilnya sungguh luar biasa, karena satuan pendidikan di Kota Surabaya memiliki kemajuan di bidang literasi,” ujar Yusuf saat menyampaikan isi sambutan Sekretaris Ditjen Dikdasmen, Selasa sore (24/11)

Selanjutnya, tambah Yusuf, Semiloka ini akan dilanjutkan dengan diskusi panel dari instansi perbukuan seperti Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Daerah Surabaya, Asosiasi Penerbit Buku, dan juga ada diskusi panel yang membahas praktik literasi Di Kota Bandung, Surabaya dan beberapa pembelajaran literasi dari negara lain.

Dalam Semiloka itu dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, Ketua IDI, Satria Dharma, Tim Penyusun Panduan Umum dan Petunjuk Teknis Literasi Sekolah dari Sekretariat Ditjen Dikdasmen, Direktorat Pembinaan SD, Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Pembinaan SMK, dan Direktorat Pembinaan PKLK. Dalam kegiatan ini turut hadir pula akademisi dari UNY, Unesa, UNJ, dan ITB

sumber : dikdas.kemdikbud.go.id

Comments

comments

Ditjen Dikdasmen Selenggarakan Semiloka Literasi Sekolah | admin | 4.5