Contoh Program Kerja Pramuka Siaga Format Word Terbaru

Categories : ADM SEKOLAH

Contoh Program Kerja Pramuka Siaga Format Word Terbaru – Siaga adalah sebutan bagi Anggota Pramuka yang berumur antara 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan (kiasan dasar) masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia meyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.

Program kerja yang dimaksud disini adalah program kerja yang akan dilaksanakan selama jangka waktu tertentu oleh pembina pramuka. Perlu diketahui bahwa Satuan terkecil dalam Pramuka Siaga disebut Barung. Setiap beberapa Barung dihimpun dalam sebuah satuan besar yang bernama Perindukan. Barung diberi nama dengan warna semisal, Barung Merah, Barung Hijau dll. Sebuah Barung beranggotakan antara 6 – 10 orang Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung (Pinrung) yang dipilih oleh Barung itu sendiri. Masing-masing Ketua Barung ini nanti akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin Barung Utama yang disebut Sulung. Sebuah Perindukan terdiri dari beberapa Barung yang akan dipimpin oleh Sulung itu tadi.

Contoh Program Kerja Pramauka Siaga Format Word Terbaru

Syarat Kecakapan Umum
Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Siaga adalah syarat wajib yang harus dipenuhi oleh seorang Pramuka Siaga untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU). TKU dalam Pramuka Siaga ada tiga tingkatan, yaitu:
1. Siaga Mula
2. Siaga Bantu
3. Siaga Tata

Syarat Kecakapan Khusus
Syarat Kecakapan Khusus (SKK) adalah syarat wajib yang harus dipenuhi oleh seorang Pramuka Siaga untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus (TKK). TKK dalam Pramuka Siaga hanya terdiri dari satu tingkatan.

Selanjutnya silahkan unduh Contoh Program Kerja Pramuka Siaga Format Word Terbaru di sini :

Download File

Program Kerja Terkait :

Sekian share Contoh Program Kerja Pramuka Siaga Format Word Terbaru, semoga bermanfaat.

Comments

comments

Contoh Program Kerja Pramuka Siaga Format Word Terbaru | admin | 4.5