Cara Cek Peserta UKG PAUD Tahap 2

Categories : UKG

Cara Cek Peserta UKG PAUD Tahap 2 – Bagi guru PAUD yang belum dapat melaksanakan Uji Kompetensi Guru tahap 1 tidak perlu risau, karena Bapak/Ibu dapat mengikuti UKG tahap 2. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa UKG adalah kegiatan uji kompetensi yang nantinya digunakan sebagai pemetaan guru, sehingga dapat diketahui kualitas serta kuantitas dari pendidik.

Secara garis besar, UKG adalah ujian kompetensi bagi guru untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content. Kompetensi bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.

Menurut pedoman UKG, tujuan dari UKG 2015 adalah sebagai berikut :
1. Memperoleh informasi tentang gambaran kompetensi guru, khususnya kompetensi pedagogik dan profesional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
2. Mendapatkan peta kompetensi guru yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan dan pelatihan yang harus diikuti oleh guru dalam program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).
3. Memperoleh hasil UKG yang merupakan bagian dari penilaian kinerja guru dan akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru.

Cara Cek Peserta UKG PAUD Tahap 2

Untuk mengecek peserta UKG PAUD tahap 2 sebetulnya sama dengan cara cek peserta UKG pada umunya. Untuk lebih jelasnya ikuti panduan berikut ini :

  1. Kunjungi halaman http://sergur.kemdiknas.go.id
  2. Bagi yang sudah memiliki NUPTK/ No. Peserta, masukan nomor NUPTK atau nomor peserta pada kolom pencarian lalu klik cari. Bagi yang belum memiliki kedua opsi tersebut masukan nama kemudian isi kolom Kabupaten/Kota, klik cari.

Cara cek peserta UKG PAUD Tahap 23. Maka akan muncul nama peseta UKG, klik nama guru Nomor peserta, NUPTK, Nama, Jenis Kelamin, Institusi, NPSN, alamat sekolah, Kecamatan dan Kabupaten. Selain itu akan muncul pula data mapel UKG, Tempat Uji Kompetensi (TUK), Gelombang, dan mapel yang diampu.

Demikian share bagaimana Cara Cek Peserta UKG PAUD Tahap 2, semoga bermanfaat.

Comments

comments

Cara Cek Peserta UKG PAUD Tahap 2 | admin | 4.5