Aplikasi Penilaian KTSP SD/MI Untuk Pembuatan Nilai Raport

Categories : APLIKASI

Aplikasi Penilaian KTSP SD/MI – Dalam pembuatan nilai raport KTSP memerlukan berbagai data siswa, seperti data nilai harian, nilai UTS, dan juga nilai Ulangan Akhir Semester. Untuk mempermudah proses perekapan nilai siswa diperlukan adanya aplikasi agar waktu yang dibutuhkan lebih efisien. Dalam postingan ini admin akan membagikan aplikasi pembuatan nilai raport KTSP untuk jenjang SD/MI.

Aplikasi ini merupakan buatan  pak Martho yang kemudian dimodikasi oleh Pak Deni pemilik gurusd.net. Aplikasi penilaian KTSP ini dibuat dengan microsft excel, sehingga sangat mudah untuk digunakan. Rumus-rumus yang ada di dalamnya sudah diatur sedemikian rupa sehingga nilai yang diinput sudah terakumulasi secara otomatis.

Aplikasi Penilaian KTSP SD/MI Untuk Pembuatan Nilai Raport

Gambaran Aplikasi Penilaian KTSP SD/MI Untuk Pembuatan Nilai Raport

Aplikasi ini membuat beberapa sheet. Sheet yang pertama adalah Home. Nah di sheet home ini terdapat beberapa menu yang memudahkan Anda jika ingin membuka sheet lainnya. Sheet lainnya antara lain berisi Data Lembaga, Data Siswa, KKM, Bulan, SIKAP, Rekap UTS, dan juga Raport. Meski dalam contoh pengisiannya adalah semester 2, namun Anda dapat mengeditnya sesuai kebutuhan.

Download Aplikasi Penilaian KTSP SD/MI Untuk Pembuatan Nilai Raport :

Aplikasi Penilaian KTSP SD/MI

Petunjuk Penggunaan  Aplikasi Penilaian KTSP

1. Aktifkan code macro dengan cara klik option (bila bingung, bisa lihat caranya dalam aplikasi saya sebelumnya)
2. Isi identitas lembaga dan nama guru dan kepala sekolah
3. Isi identitas siswa bisa secara manual ataupun copy paste
4. Isi KKM (di sini Anda dapat mengganti nama mata pelajaran). Mulok yang tidak dipergunakan bisa ANDA DELETE (dihapus saja)
5. Mulai mengisi absen sesuai hari dan bulan, gunakan huruf S,I,A untuk mengisinya (untuk hari libur bisa diedit). Tuliskan secara manual jumlah HARI EFEKTIF di tempat yang tersedia
6. Mengisi nilai sesuai dengan mata pelajaran yang ada
7. Cek nilai di menu rekap
8. Ada dua versi rapor yang dapat anda gunakan dalam membantu penulisan rapor yaitu RAPORT UTS dan RAPORT SEMESTER
9. Semua sheet sudah disetting printernya sehingga guru tinggal cetak saja
10. Untuk baris yang tidak terpakai bisa Anda DELETE (maksudnya bila jumlah murid Anda tidak sampai 50 anak,maka baris siswa yang kosong di DELETE saja dengan cara mengeblok mulai dari nama yang tidak dipaka hingga no 50, lalu di klik kanan dan pilih menu Delete)

Demikian share Aplikasi Penilaian KTSP SD/MI Untuk Pembuatan Nilai Raport, semoga bermanfaat.

Aplikasi Penilaian KTSP SD/MI Untuk Pembuatan Nilai Raport | admin | 4.5