Aplikasi Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Informasi Lengkap Data Sekolah

Categories : BERITA

Aplikasi Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Informasi Lengkap Data Sekolah – Ada hal menarik dalam acara pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Sawangan, Depok. Dalam acara tersebut disinggung mengenai aplikasi Jendela Pendidikan dan Kebudayaan sebagai informasi lengkap data sekolah mengenai kompetensi guru, fasilitas, nilai UN sepuluh tahun terakhir, dan bagaimana kondisi sekolah dari sekolah tersebut.

Selanjutnya dalam acara tersebut ditayangkan film pendek tentang perdebatan suami-istri dalam memilih calon sekolah untuk anak mereka. Pada satu sisi, sang istri menganggap almamater sekolahnya merupakan yang terbaik karena ada laboratorium, perpustakaan dan terkenal peraih nilai tinggi selama Ujian Nasional (UN). Sementara suaminya tak mau mengalah.

Aplikasi Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Informasi Lengkap Data Sekolah

Di sela-sela perdebatan itu, suami yang sedang duduk di meja sambil browsing internet, menemukan laman Jendela Pendidikan dan Kebudayaan. Ia terkejut, karena pada laman itu berisi informasi sekolah di seluruh indonesia yang disajikan secara utuh dan menyeluruh. Dus, suami istri pun menghentikan perdebatan opini tentang sekolah masing-masing, dan beralih pada informasi yang disajikan Jendela Pendidikan dan Kebudayaan.

“Ke depan, pada jendela itu ada informasi lengkap, termasuk saat kita hendak memilih sekolah untuk anak. Karena selama ini, pemilihan sekolah hanya berdasarkan opini orang, bukan berdasarkan data. Nah, dengan jendela ini bapak-ibu bisa bandingkan, seperti kalau mau beli barang di toko online. Karena di Jendela ini, bapak-ibu bisa melihat bagaimana kompetensi guru, fasilitas, nilai UN sepuluh tahun terakhir, dan bagaimana kondisi sekolahnya,” ujar Mendikbud, Minggu malam, (21/2/2016).

Sesuai rencana, Jendela Pendidikan dan Kebudayaan ini akan dibuatkan aplikasi. Tujuannya memberi informasi yang utuh dan menyeluruh kepada publik tentang kegiatan pendidikan dan kebudayaan di wilayah masing-masing.

“Hari ini misalkan, ada pameran pelukis Sri Hadi (84 tahun) di galeri nasional. Nah ini pameran penting karena Sri Hadi ini melukis sejak usia 14 tahun. Waktu itu, ia ditugaskan melukis peristiwa perang. Pertanyannya, apakah guru dan sekolah sekitar DKI Jakarta mengetahui ada pameran yang amat penting itu? Tidak, kan,” ujar Mendikbud.

Persoalan buta informasi itu, menurut Mendikbud karena selama ini seluruh pelaku pendidikan dan kebudayaan berjalan sendiri-sendiri. Melalui Jendela Pendidikan dan Kebudayaan, seluruh informasi program dan kegiatan diintegrasikan.

M. Adib Minanurokhim

sumber : dikdas.kemdikbud.go.id

Aplikasi Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Informasi Lengkap Data Sekolah | admin | 4.5